Jumat, 28 November 2014
Tribun Timur

Hari Ini, Polisi Periksa Terduga Pelaku "Bullying"

Selasa, 31 Juli 2012 13:51 WITA

Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan akan melakukan pemeriksaan terhadap sembilan siswa SMA Don Bosco Pondok Indah yang diduga melakukan bullying terhadap adik kelasnya, Selasa (31/7/2012). Pihak sekolah membenarkan adanya pemeriksaan para siswanya sebagai saksi pada hari ini.

Wakil Kepala SMA Don Bosco Pondok Indah, Gerardus Gantur, saat dihubungi Kompas.com, pagi ini, mengungkapkan, pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan pemeriksaan dari kepolisian.

"Ya, hari ini diperiksa. Tetapi kelanjutannya tanya saja ke Polres ya, mereka yang tahu semua," kata Gerardus.

Ketika ditanya apakah pihak sekolah akan melakukan pendampingan terhadap para siswa, Gerardus mengatakan, para siswa, baik korban maupun terduga pelaku kemungkinan akan didampingi orangtua.

"Belum ada pembicaraan sekolah mendampingi, paling nanti orangtuanya yang mendampingi mereka," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Manajer Pendidikan SMA Don Bosco Pondok Indah Ibnu Markatab, saat dihubungi Kompas.com, Selasa pagi, mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. 

Sebelumnya, pada Minggu (29/7/2012), Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Hermawan menjelaskan, kesembilan terduga akan menjalani pemeriksaan resmi pada hari Senin dan Selasa pekan ini. Untuk tahap awal mereka masih diperiksa dengan status sebagai saksi.

"Kita akan mulai panggil dulu sebagai saksi pada hari Senin dan Selasa," kata AKBP Hermawan.

Kesembilan terduga, masing-masing berinisial AD, AK, AW, KA, RR, RJ, SA, SJ, dan GC. Semuanya tercatat atas siswa SMA Don Bosco. Menurut Hermawan, kesembilan siswa itu masih tergolong di bawah umur.

Pemeriksaan awal masih seputar penjelasan soal peran dan perbuatan masing-masing dalam peristiwa bullying pada 24 Juli lalu. Sedangkan pada Selasa, para korban dan terduga akan diperiksa secara bersama-sama.

"Kita akan tanya peran masing-masing, apa yang dibuat, dan pakai alat apa. Sedangkan, pada Selasa, mereka akan dikonfrontir dengan korban," lanjut Hermawan.

Aksi kekerasan yang dilakukan siswa kelas III SMA Don Bosco Pondok Indah terhadap delapan orang siswa kelas I terjadi pada 24 Juli 2012 lalu. Para siswa dibawa ke sebuah tempat dan mengalami sejumlah tindak kekerasan, seperti dipukul, ditendang, hingga disundut rokok. Pihak orangtua siswa korban kemudian membawa kasus ini ke jalur hukum, setelah mediasi yang dilakukan pihak sekolah tidak menemukan titik temu.

Editor: Ina Maharani
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas