• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Timur

Sehari Jelang Ramadan, 15 Pejabat Pemkot Bolos Ngantor

Jumat, 20 Juli 2012 22:36 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Tingkat kehadiran pegawai Sekretariat Daerah (Setda) Kota atau Pemkot Makassar jelang Ramadan masih rendah. Sehari jelang Ramadan, Jumat (20/7/12), sebanyak 93 dari 1.057 pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai kontrak tak masuk kantor atau alpa.

Persentase ketidakhadiran sebanyak 8,8 persen. Data ini dilansir Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar berdasarkan absen pegawai sekretariat daerah.

Data ketidakhadiran pegawai satuan kerja perangkat daaerah di luar sekretariat daerah belum direkapitulasi. Rekapiltulasi kehadiran dan ketidakhadiran pegawai diambil BKD setiap pekan sehingga tak bisa diliris per hari.

Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan BKD Makassar Andi Syahrum menyebutkan, pegawai banyak tak hadir dari bagian tata pemerintahan, protokol, badan perencanaan dan pembangunan daerah (bappeda), badan pemberdayaan masyarakat, badan keluarga berencana, dan korpri sekretariat daerah.

Kinerja buruk ditunjukkan pejabat eselon IV sekretariat daerah. Hampir 10 persen pejabat eselon ini tak hadir. Dari 148 pejabat eselon IV, sebanyak 15 tak hadir. "Eselon IV mestinya memberi contoh yang baik kepada bawahannya karena mereka atasan langsung. Kinerjnya juga dikontrol langsung wali kota," ujar Syahrum, kemarin.

Dikonfirmasi terkait banyaknya jumlah pegawai bagian protokol tak hadir, Kepala Bagian Protokol Aswis Badwi berasalan bahwa ketidakhadiran di unit kerjanya tak bisa menjadi ukuran tak masuk kerja.
   
"Kalau pegawai protokol kan, ada yang ikuti wali kota, wakil wali kota, sekretaris daerah. Ada juga yang selalu jemput tamu di bandara. Jadi banyak dinas luar dan tak sempat lagi absensi," ujar Aswis.

BKD akan meminta masing-masing kepala unit kerja dan satuan kerja perangkat daerah menegur pegawai dan pejabat eselon yang tak berkantor, kemarin. Menurut Syahrum, kondisi seperti ini juga terjadi saat jelang Ramadan, tahun sebelumnya.

"Mereka yang tak hadir, biasanya banyak alasannya. Ada yang pulang kampung puasa pertama, ada juga yang bocor ban motornya. Pokoknya banyak alasannya," ujarnya.

Kinerja pegawai yang baik ditunjukkan pegawai BKD dan bagian hukum sekretariat daerah. Sebanyak 64 pegawai BKD dan 10 pegawai badan hukum, seluruhnya hadir.
Penulis: Edi Sumardi
Editor: Imam Wahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
Facebook Connect
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas