Selasa, 25 November 2014
Tribun Timur

Gara-gara Perbesar Alat Vitalnya, Pelari AS Positif Doping

Minggu, 15 Juli 2012 22:26 WITA

Gara-gara Perbesar Alat Vitalnya, Pelari AS Positif Doping
LaShawn Merritt
TRIBUN-TIMUR.COM, - Pelari AS, LaShawn Merritt tak pernah menyangka obat pembesar organ vital seharga 6 dolar AS yang dikonsumsinya akan merugikannya jutaan dolar.

LaShawn Merritt diunggulkan untuk merebut medali emas 400 meter putra di Olimpiade London, akhiur Juli ini.

Pekan lalu, pelari berusia 26 tahun ini menjadi juara di ajang uji coba Olimpiade AS dengan catatan waktu 44.12 detik. Meski begitu ini merupakan catatan waktu terbaik nomor 400 meter tahun ini.

"Memang bukan merupakan lomba yang sempurna," kata Merritt. "Saya harap dapat mencapai 43 detik untuk menjadi juara di London."

Merritt dinyatakan positif doping pada akhir 2009 dan dijatuhi hukuman 21 bulan sebelum memenangi banding di badan arbitrase dan juga akhirnya memenangi  banding untuk dapat berlomba di London.

Merritt mengakui sangat menyesal dengan kejadian ini. Ia tidak menyadari  bahwa zat terlarang yang masuk dalam tubuhnya berasal dari ExtenZe. Asal tahu, ini merupakan produk pembesar alat vital pria yang berharga "hanya" 6 dolar AS.

"Saya merasa sangat bodoh," kata Merritt. "Enam dolar yang saya keluarkan (untuk obat) membuat saya kehilangan penghasilan jutaan dolar selama sekian tahun."

Merritt mengatakan pengalaman hidup telah membuatnya tegar menghadapi masalah. Ia pernah kehilangan adiknya, Antwan yang terjatuh dari apartemennya pada 1999 di usia 18.

"Saya belajar bahwa apa pun yang terjadi, kita harus tetap berjalan. Saya tahu tidak ada apa pun di dunia ini yang berhenti bergerak," ungkap Merritt.

Jika Merritt yang meraih emas di Beijing 2008 mengulang prestasinya di London, ia akan mengulang prestasi Michael Johnson. AS selalu merebut medali emas nomor 400 meter putra sejak Olimpiade Helsinki 1952.(*)
Editor: Ridwan Putra
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas