Hari Pertama Liga JK Gelar Enam Pertandingan

Hari Pertama Liga JK Gelar Enam Pertandingan

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Kejuaraan sepakbola Liga Jusuf Kalla (JK) 2012 yang akan menjadi agenda tahunan Pengprov PSSI Sulsel, akan dibuka oleh mantan Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla, Senin (16/7) pukul 15. 00 wita. Namun, pembukaan yang semula dijadwalkan di Kabupaten Bone, dipindahkan ke Makassar.

Pemindahan lokasi pembukaan ini, setelah panitia pelaksana (panpel) Liga JK mendapat konfirmasi jika Jusuf Kalla tidak memiliki waktu untuk ke Bone. Pembukaan Liga JK akan digelar di Lapangan Karebosi. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pertandingan perdana antara tim Makassar melawan Takalar.

Kick off pertandingan pada turnamen ini akan dilakukan serentak di enam kabupaten/kota. Yakni di Makassar antara Makassar melawan Takalar, di Parepare antara Parepare melawan Pangkep, di Sidrap antara Sidrap melawan Tana Toraja, di Bulukumba antara Bulukumba melawan Selayar, di Sinjai antara Sinjai melawan Soppeng, dan di Luwu antara Luwu melawan Palopo.

Pertandingan kedua akan digelar Kamis (19/7), juga dilakukan serentak di enam kabupaten/kota mulai pukul 15.00 wita. Pertandingan kedua ini akan mempertemukan Gowa melawan Maros di Gowa, Pinrang melawan Barru di Barru, Tana Toraja melawan Toraja Utara di Tana Toraja, Jeneponto melawan Bantaeng di Jeneponto, Soppeng melawan Wajo di Soppeng, dan Palopo melawan Luwu Timur di Palopo.

Setelah ke-12 pertandingan ini, Liga JK 2012 akan diliburkan hingga usai Lebaran. Babak penyisihan baru dimulai lagi pada 30 Agustus dan selesai pada 30 September. Ketua Panpel Liga JK, Japri Y Timbo, kemarin, mengatakan, selama libur kompetisi pada bulan Ramadan, akan diisi dengan kegiatan pelatihan bagi panpel lokal. Antara lain, pelatihan di bidang teknik, kesehatan, media, dan umum. 

"Sangat penting untuk memberi pemahaman regulasi kepada panpel lokal (panpel klub) agar mereka dapat menyelenggarakan pertandingan di daerah masing-masing sesuai regulasi. Sehingga, meski liga ini berstatus amatir, namun pengelolaannya tetap profesional mengikuti regulasi PSSI," kata Japri di sekretariat panpel Liga JK, Kamis (12/7).

Japri menambahkan, Liga JK ini diikuti 24 tim kabupaten/kota dengan membawa nama daerah masing-masing. Ke-24 tim peserta dibagi dalam enam pool. Juara dan runner up masing-masing pool akan lolos ke babak 12 besar yang akan dimulai 6 Oktober hingga 10 November.

Di babak 12 besar, tim peserta dibagi dalam empat pool. Masing-masing pool diisi tiga tim. Juara masing-masing pool berhak ke babak semifinal yang akan digelar 18-25 November. Babak final Liga JK dijadwalkan berlangsung 1 Desember.

"Dari babak penyisihan hingga semi final Liga JK 2012 ini, menggunakan sistem kandang dan tandang," tambah Japri.

Untuk mengurangi beban biaya setiap klub, panpel memberikan subsidi kepada seluruh tim sebesar Rp 10 juta pada babak penyisihan. Tim-tim yang lolos ke babak 12 besar akan kembali mendapat subsidi sebesar Rp 7,5 juta. Tim yang lolos babak semifinal diberikan subsidi masing-masing Rp 5 juta.

Turnamen Liga JK yang didukung oleh NV Hadji Kalla ini memperebutkan hadiah total sebesar Rp 200 juta. Juara pertama mendapat Rp 60 juta, juara kedua Rp 40 juta, juara ketiga dan keempat masing-masing Rp 25 juta. Panpel juga menyiapkan hadiah uang sebesar Rp 50 juta untuk pemain terbaik, top skor, wasit terbaik, dan tim paling fair play.

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Imam Wahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved