• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Timur

Sepupu Ikan Piranha Potong Testis Nelayan Papua Niugini

Senin, 9 Juli 2012 22:41 WITA
Sepupu Ikan Piranha Potong Testis Nelayan Papua Niugini
Namanya ikan pacu atau tambaqui dan bernama latin Colossoma macropomum.
TRIBUN-TIMUR.COM, ILLINOIS - Bila Anda punya kesempatan berkunjung ke Illinois, Amerika Serikat, tampaknya Anda harus berhati-hati dengan ikan ini. Baru-baru ini dilaporkan terlihat di Danau Lou Yaeger di Illinois, Amerika Serikat, jenis ikan yang dikenal pengincar testis.

Namanya ikan pacu atau tambaqui dan bernama latin Colossoma macropomum. Ikan ini berasal dari Amazon. Pacu masih satu keluarga dengan piranha. Namun, kedua jenis ini memiliki struktur gigi yang berbeda.

Walaupun demikian, baik pacu maupun piranha memiliki bentuk rahang yang sama. Selain itu, sama-sama kuat gigitannya.

Ikan ini dibawa ke Papua Niugini sekitar tahun 1990 untuk mengembangkan kegiatan maritim di tempat tersebut. Ikan ini sebenarnya merupakan pemakan tumbuhan, tetapi hewan ini memiliki gigi-gigi yang menyerupai gigi manusia. Gigi-gigi ini digunakan untuk membuka kacang dan biji-bijian. Terkadang, ikan ini juga memakan siput. Ikan pacu dapat tumbuh sampai seberat 25 kg.

Namun, penduduk Papua Niugini mungkin tidak setuju dengan pernyataan bahwa ikan pacu hanya memakan tumbuhan dan hewan kecil. Menurut nelayan Inggris, Jeremy Wade, pacu dikenal juga sebagai ball cutter atau ’pemotong testis’.

Seperti dilansir situs The Metro, pada tahun 2011, orang lokal menginformasikan adanya dua nelayan yang tewas setelah kehilangan banyak darah. Sesuatu dari dalam air diketahui menggigit testis mereka. Belakangan diketaui sebagai ikan pacu.

Menurut para ahli biologi, pacu yang berada di Illinois kemungkinan besar sebelumnya pernah dipelihara di dalam akuarium. Siapa pun yang tertangkap membuang ikan ini ke dalam danau, bisa dituntut ke pengadilan karena membahayakan.

Sumber :
Editor :
Tri Wahono
.(*)
Editor: Ridwan Putra
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
94876 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas