A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

ITB Siapkan Dana Beasiswa Rp 139 Miliar - Tribun Timur
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Timur

ITB Siapkan Dana Beasiswa Rp 139 Miliar

Senin, 25 Juni 2012 18:10 WITA
TRIBUN-TIMUR.COM, BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengalokasikan beasiswa Rp 139 miliar dari total perputaran uang Rp 1 triliun setiap tahun. Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, beasiswa tersebut tidak hanya berasal dari dana milik ITB sendiri atau sumbangan para alumnus, tetapi juga berasal dari berbagai pemangku kepentingan yang ikut dan berkontribusi dalam dunia pendidikan.

"ITB itu setiap tahun menyediakan dana Rp139 miliar untuk beasiswa bagi para mahasiswanya," ujar Akhmaloka, di Bandung, Senin (25/6/2012).

Beasiswa itu menurutnya terbagi dalam dua kategori, yaitu beasiswa bagi kalangan tidak mampu dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. "Tentu ada juga kombinasi antara beasiswa bagi yang tidak mampu dan berprestasi, itu hal yang biasa," katanya.

Menurut dia, sekitar 20 persen dari jumlah mahasiswa ITB setiap tahunnya berasal dari kalangan tidak mampu. Pada 2012, dari total 3.400 kursi yang disediakan ITB, sekitar 800 kursi dialokasikan bagi mahasiswa tidak mampu dalam program beasiswa bidik misi.

Selain program bidik misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Akhmaloka menjelaskan, ITB juga menyediakan beasiswa dalam program Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS) yang melibatkan pihak ketiga dan juga sumbangan alumnus, serta beasiswa dari berbagai pemerintah provinsi. ITB, kata Akhmaloka, juga memberikan beasiswa sistem voucer untuk membebaskan biaya pangkal, terutama bagi mahasiswa program pasca-sarjana yang berprestasi.

Untuk tahun akademik 2012, Akhmaloka mengatakan, saat ini proses verifikasi bagi calon mahasiswa yang meminta keringanan biaya masih berlangsung. Dari jalur undangan, ITB telah memperoleh 600 calon mahasiswa program bidik misi. Sisanya sebanyak 200 orang akan dipenuhi dari jalur tes tertulis seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang hasilnya akan diumumkan pada 7 Juli 2012.(*)
Editor: Ridwan Putra
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
93426 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas