Senin, 22 Desember 2014
Tribun Timur

Kode Nomor Polisi Kendaraan di Sulsel DD, DP, DW

Kamis, 7 Juni 2012 20:45 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Kasubdit Min Regident Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) Rudi Syafruddin, menjelaskan pihaknya telah memberlakukan pembagian wilayah nomor pelat kendaraan di Sulsel, baik roda dua maupun empat.

Dikatakannya, pembagian wilayah kode pelat kendaraan itu dibagi tiga meliputi kode DD untuk Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Maros, Pangkep, Bantaeng, Jeneponto, Bulukumba, dan Selayar.

Kode DP untuk Kota Pare-pare, Kabupaten Barru, Pinrang, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja dan Enrekang.

Sementara kode pelat DW untuk Kabupaten Bone, Wajo, Sinjai dan  Soppeng. Sedangkan di Sulawesi Barat telah diberlakukan kode DC untuk lima kabupaten di sana. Yaitu, Majene, Mamuju, Polewali dan Mamasa.

Pembagian wilayah kode nomor polisi ini, dilakukan sesuai Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.  Hal ini, juga untuk mengantisipasi pertumbuhan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. "Peraturan ini sudah berlaku sejak beberapa bulan lalu, "ungkap Rudy.

"Pengurusan penggantian kode huruf nomor polisi juga tidak sulit. Semua dapat di lakukan di masing-masing kantor polres kabupaten/kota setempat tetapi akan ada pungutan biaya," terang Rudy.
Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas