Jumat, 26 Desember 2014
Tribun Timur

Ronaldo Gagal, Portugal Ditaklukkan Turki 1-3

Minggu, 3 Juni 2012 07:08 WITA

Ronaldo Gagal, Portugal Ditaklukkan Turki 1-3
AFP
Gelandang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, merayakan golnya ke gawang Sporting Gijon, pada laga Liga BBVA, di Santiago Bernabeu, Sabtu (14/4/2012).

LISABON, TRIBUN-TIMUR.COM -- Portugal dipaksa menelan kekalahan 1-3 dari Turki dalam laga persahabatan yang di Estadio da Luz, Sabtu (2/6/2012). Kekalahan ini diwarnai kegagalan Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti pada menit ke-64.  

Portugal sebetulnya tampil cukup baik. Cristiano Ronaldo nyaris membuat timnya unggul pada menit ketujuh. Namun, Volken Demiral masih sigap mengamankan gawang Turki dengan mengamankan tembakan Ronaldo.

Enam menit kemudian, Ronaldo kembali melepaskan ancaman ke gawang tim tamu. Namun, Ronaldo kembali gigit jari setelah tembakannya  diblok Demiral.  

Meski gagal, Portugal tidak menurunkan tekanannya. Sayang di mana usahanya belum membuahkan hasil, gawang Portugal yang dikawal oleh Rui Patrico bobol pada menit ke-35. Umut Bulut berhasil memaksimalkan umpan silang yang dilepaskan Serkan Balci. Gol tersebut membuat Portugal harus menutup babak pertama dengan ketertinggalan 0-1.

Portugal kembali mengambil inisiatif serangan pada babak kedua. Apa daya, bukannya mencetak gol balasan, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan justru kembali kebobolan. Adalah Bulut yang kembali berhasil menundukkan Rui Patricio pada menit ke-52.

Meski begitu, Nani berhasil memperkecil ketertinggal 1-2 berkat gol yang diciptakannya pada menit ke-57.

Portugal sebetulnya memiliki kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan lewat titik putih pada menit ke-64. Wasit memberikan hadiah penalti akibat pelanggaran yang dilakukan Belozoglu Emre terhadap Miguel Lopez. Namun, Ronaldo yang tampil menjadi algojo gagal mengeksekusi penalti. Tembakan gelandang Real Madrid tersebut berhasil diamankan Damirel.

Portugal berusaha keras menciptakan peluang demi terhindar dari kekalahan. Nyatanya, tim besutan Paulo Bento tersebut malah kembali kebobolan oleh gol bunuh diri yang dilakukan Pepe pada menit ke-88.

"Malapetaka" tersebut membuat Portugal harus menelan kekalahan setelah skor 1-2 untuk keunggulan Turki bertahan sampai peluit panjang.

Jika mengacuk statistik pertandingan, Portugal layak menang. Tim besutan Paulo Bento menguasai pertandingan sekitar 58 persen dengan melepaskan sepuluh tembakan tepat ke gawang Turki dari 27 percobaan. Namun tidak bisa dimungkiri serangan yang dibangun Cristiano Ronaldo kerap mentok karena gemilangnya penampilan Volkan Damirel di bawah mistar gawang Turki. Kiper bernomor punggung satu itu melakukan sembilan penyelamatan penting sepanjang laga termasuk menggalkan tendangan penalti Ronaldo.

Laga melawan Turki merupakan pertandingan pemanasan terakhir bagi Portugal jelang tampil di Piala Eropa 2012. Portugal berada di maut bersaing dengan Belanda, Jerman, dan Denmark di Grup B.

Susunan Pemain
Portugal: 12-Rui Patricio (Eduardo 71); 2-Bruno Alves (Ricardo Costa 70), 3-Pepe, 5-Fábio Coentrão, 19-Miguel Lopes; 4-Miguel Veloso (De Castro 69), 8-João Moutinho, 16-Raul Meireles (Helder Postiga 86); 7-Cristiano Ronaldo, 9-Hugo Almeida (Castro Oliveira 73), 17-Nani

Turki: 1-Volkan Demirel; 21-Ömer Toprak, 24-Bekir Irtegün, 13-Hasan Ali Kaldirim, 6-Hamit Altintop; 5-Belozoglu Emre (Nuri Sahin 72), 15-Mehmet Topal, 23-Sertkan Balci (Selcuk Sahin 72), 14-Arda Turan (Erkin 82); 17-Burak Yilmaz, 9-Umut Bulut

Editor: Ina Maharani
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas