• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Timur
Home » Opini

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Fakultas Psikologi UNM

Sabtu, 2 Juni 2012 19:21 WITA
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Fakultas Psikologi UNM
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan peningkatan kualitas pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat adalah visi dan misi UNM yang akan mendorong kompetensi seluruh alumninya agar dapat terserap di dunia kerja, baik dalam bidang pendidikan maupun non pendidikan.

Di tengah laju persaingan global yang begitu ketat saat ini, peningkatan sumber daya manusia merupakan hal yang prioritas. Efek dari persaingan global ini mengakibatkan terbentuknya arena kompetisi agar seseorang mampu survive menghadapi tuntutan kompetensi di dunia kerja. Secara alamiah, setiap individu akan memacu diri meningkatkan skill dan performance kerja di bidang-bidang yang digeluti untuk memenuhi standarisasi yang diberlakukan oleh lapangan kerja tertentu.
Fenomena ini menimbulkan sikap seseorang lebih selektif dalam memilih perguruan tinggi sebagai wadah mengumpulkan bekal untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuannya di dunia kerja. Kualitas sebuah perguruan tinggi pun menjadi indikator penting dalam mempengaruhi animo calon mahasiswa untuk memilih sebuah perguruan tinggi.
Tentunya  perguruan tinggi yang berkualitaslah yang akan menjadi pilihan pertama bagi calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan. Tolak ukur kualitas perguruan tinggi tersebut dapat dilihat dari keberhasilan dalam penyajian dan penyerapan ilmu yang ditunjang dengan kualitas pendidik, layanan administrasi, sarana dan prasarana serta sarjana-sarjana yang dicetak apakah mampu bersaing di dunia kerja atau malah hanya menjadi pengangguran terdidik.
Hal ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat melahirkan intelektual-intelektual unggul yang mampu menjawab dinamika persaingan global. Lalu bagaimana dengan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang telah banyak memberikan  konstribusi  terhadap pengembangan daerah di bidang layanan psikologi?
Sejak resmi berdiri sejak 29 Mei 2000, Fakultas Psikologi UNM terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dalam meretas persaingan global yang melanda dunia kerja saat ini. Maka tidak heran jika visi dan misi yang ingin dicapai oleh fakultas ini sejalan kondisi kekinian yakni melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai harapan dapat menghasilkan sarjana psikologi yang kompeten, profesional, berwawasan ilmiah, berjiwa kewirausahaan dan religius.
        
Makin Diminati
Ketatnya persaingan global yang terjadi saat ini malah menunjukkan Fakultas Psikologi UNM kian diminati calon mahasiswa. Grafik dari tahun ke tahun memperlihatkan kemajuan yang begitu signifikan. Hal ini disinyalir akibat maraknya permintaan jasa layanan psikologi dan peluang kerja yang besar sehingga peminat jurusan ini begitu tinggi. Dengan kondisi demikian beberapa hal krusial pun dibenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Fakultas Psikologi UNM diusianya yang ke 12 tahun.
Pertama, masalah akademik meliputi kualitas pengajar berdasarkan kualifikasi dengan matakuliah yang diampuh, penerapan standarisasi kurikulum sesuai dengan aturan yang berlaku dan peningkatan akreditasi fakultas yang memadai. Kedua, peningkatan sarana dan prasarana meliputi kelengkapan penunjang perkuliahan (Wireless, Mic, WiFi, AC), kelayakan ruang perkuliahan (keterjangkauan, volume) dan kebersihan serta kerapian kampus. Ketiga, masalah kemahasiswaan meliputi pengembangan lembaga kemahasiswaan (BEM/MAPERWA/BKM), dan pengembangan minat bakat mahasiswa (karya tulis, debat, seni, olahraga dll).
Ciri perguruan tinggi yang berkualitas tentunya memiliki jumlah peminat (input) lebih banyak dan kompetensi lulusannnya (output) mampu menunjukkan kapasitasnya di tengah persaingan global. Beruntung sebab UNM sebagai perguruan tinggi yang telah banyak mengantongi penghargaan pendidikan begitu konsen dalam kualitas penyelenggaraan pendidikan.
         
Lebih Maju
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan peningkatan kualitas pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat adalah visi dan misi UNM yang akan mendorong kompetensi seluruh alumninya agar dapat terserap di dunia kerja, baik dalam bidang pendidikan maupun non pendidikan.
Hal ini kemudian dukung oleh visi dan misi Prof  Dr  Arismunandar M Pd sebagai Rektor UNM dua periode setelah dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, M Nuh beberapa waktu yang lalu. Di periode keduanya ini tentu akan segera merealisasikan visi dan misi yang disampaikannya sewaktu pilrek lalu dengan judul transformasi UNM menuju perguruan tinggi yang berkarakter sebagai upaya pengembangan UNM yang lebih maju di masa depan.
Arismunandar menandang ada 4 (empat) tantangan UNM yang menjadi fokus pemecahan masalah yakni tantangan peningkatan mutu, pemenuhan akses pendidikan perguruan tinggi, pengelolaan perguruan tinggi yang efektif, efisien, akuntabel dan membangun budaya akademik. Pertama, sebuah harapan bahwa UNM mampu tumbuh dan berkembang sejajar dengan perguruan tinggi terkemuka dengan diterapkannya standarisasi mutu pendidikan, baik mutu instansi pendidikannya, maupun mutu lulusannya.
Dalam mencapai hal tersebut UNM akan memenuhi berbagai standarisasi seperti akreditasi, sertifikasi, dan peningkatan dalam kerangka world class university. Kedua, memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dalam memenuhi hajat untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi. Ketiga, pengelolaan perguruan tinggi yang efektif, efesien, dan akuntabel merupakan hal penunjang pendidikan yang cukup penting dan akan selalu mengacu pada indikator kinerja yang jelas dan berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan. Keempat, membangun budaya akademik yang berarti mendorong setiap sivitas akademika UNM dapat mentrasisikan prinsip dan nilai-nilai akademik di kehidupan kampus.
Apabila visi dan misi yang dipaparkan Arismunandar ini dapat diwujudkan dengan kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi, tentunya akan turut mendongkrak kapasitas dan kualitas pendidikan Fakultas Psikologi yang merupakan bagian dari UNM. Melalui momen itu pula, program-program pengembangan Fakultas Psikologi UNM di bawah kepemimpinan Prof Dr Syamsul Bachri Thalib M Si yang selama ini telah berjalan tentunya makin mendapatkan dukungan dari universitas.
Semoga visi dan misi Arismunandar ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan Fakultas Psikologi UNM sehingga menjadi perguruan tinggi favorit yang diminati calon mahasiswa dan memiliki alumni yang mampu memperlihatkan kompetensinya di tengah persaingan global. Besar Harapan bahwa masyarakat akan memperoleh peluang untuk menggeluti ilmu psikologi seluas-luasnya yang ditunjang dengan penyelenggaraan pendidikan terjangkau dan berkualitas di Fakultas Psikologi UNM. Segenap doa dan usaha menyertai agar harapan ini dapat terwujud di masa mendatang. Selamat Ulang Tahun Fakultas Psikologi UNM. Bersama Menuju Kejayaan dan Tetap Jaya Dalam Tantangan!***

Oleh;
Ardiansyah Jasman
Mahasiswa Fakultas Psikologi UNM
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
91298 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas