Kamis, 18 Desember 2014
Tribun Timur

Petani Berharap Harga Cengkeh Tetap Stabil

Jumat, 1 Juni 2012 09:53 WITA

BULUKUMBA, TRIBUN-TIMUR.COM- Sejumlah petani cengkeh di Kabupaten Bulukumba,Bantaeng dan Sinjai, berharap tahun ini harga cengkeh di pasaran tetap stabil.

Mereka juga berharap kepada para oknum pedagang yang kerap memainkan harga dengan sengaja menurunkan dari harga yang semestinya.

" Kami berharap tahun ini kepada para pedagang untuk tetap menerapkan harga yang sesuai harga pasaran dan tidak menurunkan berdasarkan keinginan mereka," kata Ahmad salah seorang petani cengkeh di Bulukumba, Jumat (1/6).

Para petani mengungkapkan bahwa beberapa musim cengkeh yang lalu jika puncak panen hasil bumi itu banyak yang menurunkan harga cengkeh dan berbeda dari harga yang sesungguhnya.

Karena itu, para petani cengkeh di Bulukumba, Bantaeng dan Sinjai kepada pihak pemerintah untuk tetap membantu petani mengawasi para oknum pedagang 'nakal' kepada petani cengkeh di daerah itu.

Petani cengkeh di bagian selatan Sulsel ini baru tahun ini akan panen, setelah tiga tahun sebelumnya hasil bumi cengkeh tidak berproduksi.

Sebagian petani saat ini telah ada mulai yang memaneng cengkehnya dan diperkirakan puncaknya pada Juli, Agustus hingga September mendatang. Sedangkan harga di tingkat pedagang Rp 25 ribu per kilogram basah dan Rp 80 ribu per kilogram. (*)
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Muh. Taufik

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas