Rabu, 26 November 2014
Tribun Timur

Harmonisasi Teknologi dan Budaya oleh SMKN 2 Kebumen

Jumat, 1 Juni 2012 08:44 WITA


Susmanto
Melaporkan dari Kebumen

TRIBUN-TIMUR.COM-SMKN 2 Kebumen merupakan sekolah milik pemerintah yang sedang berusaha menuju ke arah rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan oleh pimpinan dan guru SMKN 2 Kebumen berserta stakeholder lainnya termasuk para alumninya. Pembangunan fasilitas belajar, mengajar, administrasi dan berbagai pendukung lainnya dilakukan secara terencana dengan baik untuk mendukung perolehan kualitas. Hal ini sangat penting mengingat sekolah yang dulunya bernama STMN Kebumen telah memperoleh sertifikasi ISO.

Saat ini jurusan yang dimiliki oleh sekolah kejuruan di Kabupaten Kebumen ,ini adalah  program studi Permesinan, Otomotif, Audio Video, Bangunan, dan Listrik Instalasi. Alumninya mencapai puluhan ribu orang yang tersebar di seluruh dunia baik di sektor swasta, wiraswasta maupun pemerintahan. Bahkan beberapa diantaranya menduduki kursi legislatif sebagai politisi
dari berbagai partai.

Menurut Susmanto sebagai Ketua Pengurus Nasional Ikatan Alumni STM N dan SMK N 2 Kebumen (Ikastek), dalam upaya untuk menggalang persahabatan sesama alumni dan ikut serta dalam peningkatan kualitas para lulusan perlu dilakukan tindakan yang nyata. Beberapa alumni menjadi guru di sekolah yang dulu tempat menjadi murid di sana. Selain itu, perlu dilakukan kegiatan yang menarik dan disukai alumni dan semua masyarakat. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah mengadakan pergelaran wayang kulit semalam suntuk yang akan di gelar di kampus SMKN 2 Kebumen pada 21 Agustus 2012 mendatang bersamaan dengan kegiatan reuni besar ikastek 2012.

Acara ini penting dilakukan untuk memadukan teknologi, budaya dan seni melalui wayang kulit tersebut. Penyebaran alumni ke seluruh dunia menjadikan kecintaan pada budaya nasional berkurang. Untuk meningkatkan kecintaan pada para siswa, guru, alumni serta masyarakat luas, maka pergelaran tersebut menjadi penting sekali disamping untuk memberikan hiburan bagi masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh alumni sangat penting bagi sekolah. Menurut kepala SMKN 2 Kebumen, Widi Suseno, kegiatan alumni dibutuhkan oleh sekolah kami terutama untuk mengevaluasi kualitas lulusan, peningkatan penyerapan lulusan ke dunia kerja lebih mudah dan cepat, memberikan masukan untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sebagainya. Kami sangat senang dan mendukung kegiatan alumni tersebut apalagi untuk harmonisasi teknologi, budaya dan seni.(*)
Penulis: CitizenReporter
Editor: Muh. Taufik

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas