• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Timur

UNM Siapkan 500 Beasiswa Bidik Misi di Jalur SNMPTN

Kamis, 31 Mei 2012 10:44 WITA
MAKASSAR, TRIBUN -TIMUR.COM-Universitas Negeri Makassar (UNM) menyiapkan 500 kuota beasiswa bidik misi bagi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Beasiswa bidik misi merupakan salah satu program beasiswa unggulan bagi mahasiswa miskin berprestasi. Program Bidik Misi yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Kita memiliki jatah beasiswa bidik misi 700 orang. Yakni untuk jalur SNMPTN sebanyak 500 orang dan 200 orang untuk jalur mandiri," ujar Prof Sofyan Salam MA PhD di kampus UNM, Jl Raya Pendidikan, Makassar, Kamis (31/5/2012).

Sofyan berharap agar siswa berprestasi yang kurang mampu dan ingin melanjutkan studi UNM agar tidak khawatir dengan biaya pendidikan karena di UNM sudah ada beasiswa bidik misi. Cukup mendaftar melalui jalur SNMPTN ujian tulis dan jalur mandiri kemudian mendaftar untuk seleksi penerima beasiswa bidik misi.

persyaratan untuk mendaftar program Bidikmisi ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012 atau
lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di setiap PTN.

Selanjutnya, usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun, memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi serta masuk dalam 30 persen terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011). Dan pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi nonkompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (seperti ketua organisasi siswa/OSIS).

Calon mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan program Bidikmisi 2012 adalah sebesar Rp 6 juta per mahasiswa per semester yang terdiri atas bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa dan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) penyelenggara dengan menggunakan sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bantuan biaya pendidikan ini diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama delapan semester untuk program Sarjana Sains Terapan (S1).

Olehnya itu, bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui jalur SNMPTN dan Beasiswa Bidik Misi, buran mendaftar karena hari ini, Kamis 31 Mei merupakan hari terakhir pendaftaran. (*)

Penulis: Suryana Anas
Editor: Muh. Taufik
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
91034 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas