• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Timur

2013 Rel Kereta Api Makassar-Manado Dimulai

Kamis, 31 Mei 2012 17:37 WITA
2013 Rel Kereta Api Makassar-Manado Dimulai
Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin
Laporan: Ilham Arief Sirajuddin, Wali Kota Makassar, Melaporkan dari Manado, Sulawesi Utara

MEGA proyek rel kereta api Trans Sulawesi yang menghubungkan Makassar-Manado tinggal menunggu waktu. Informasi ini di sela acara Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Kamis (31/5/2012).

Dari penelusuran kami di Bappenas, pembangunan jalur kereta api trans Sulawesi akan dimaksimalkan untuk pengembangan perekonomian.

Menurut informasi yang kami terima dari Bappenas, Menteri Negara Pembangunan Nasional Armida S Alisyahbana di Jakarta telah memberikan lampu hijau saat rapat dengan Badan Anggaran DPR RI,  Selasa kemarin.

Bahkan, mega proyek rel kereta api trans Sulawesi ini langsung dituangkan dalam rapat kerja pemerintah (RKP) tahun 2013. Karena telah dituangkan
RKP tahun depan, maka pembangunannya masuk skala prioritas.

Diketahui, megaproyek ini menelan dana triliunan rupiah dan telah dipresentasikan dan dikaji tim Kementerian Pemukiman dan Prasarana Wilayah Departemen Pekerjaan Umum.

Hasil survei, rel kereta api sangat cocok untuk mengurangi ketimpangan ekonomi di jalur utara-selatan. Kabar yang kami terima, investor dari China bersedia membangun jalur kereta api untuk menghubungkan sejumlah provinsi di Pulau Sulawesi ini.

Saat berbincang dengan Wali Kota Manado Vicky Lumentut yang juga Ketua DPD Demokrat Sulawesi Utara, kami berdua  menyambut baik dan akan turut membantu pemerintah pusat mempercepat terealisasinya pembangunan ini, khususnya pembebasan lahan jika diperlukan.

Kendati saya tidak mengikuti acara Munas Apeksi hingga selesai, namun forum yang menghimpun seluruh wali kota se-Indonesia ini banyak menelorkan program, ide, dan gagasan yang brilian. Saya minta pamit segera kembali ke Makassar karena akan menerima kedatangan Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Makassar.(*/tribun-timur.com)
Penulis: Edi Sumardi
Editor: Muh. Irham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
91061 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas