Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Timur

Unismuh Terima 5.000 Maba

Senin, 28 Mei 2012 23:21 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM-- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013. Pendaftaran maba ini telah dibuka sejak 15 Mei hingga 9 Juli mendatang.

Pelaksanaan ujian masuk melalui jalur Seleksi Penerimaan Masuk Mahasiswa Baru (SPMB) Unismuh ini digelar 14 Juli mendatang atau setelah pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Sesuai dengan daya tampung kita siap menerima 5.000 mahasiswa baru," ujar Rektor Unismuh pada jumpa persnya di Gedung Rektorat Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu (26/5) akhir pekan lalu.

Jumpa Pers ini dihadiri beberapa pejabat Unismuh di antaranya Pembantu Rektor I Unismuh Dr Rahman Rahim SE ME, Pembantu Rektor III Drs Darwis Muhdinna MAg, dan Humas Unismuh Abd Wahab Saleh MSi.

Unismuh memiliki ruangan perkuliahan yang cukup luas. Apalagi tahun ini Unismuh merencanakan meresmikan Gedung Tower Al Iqra Unismuh dengan 18 lantai sehingga secara kesuluruhan gedung perkuliahan yang dimiliki Unismuh bisa menampung 40 ribu mahasiswa.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru Unismuh akan mengikuti tiga rangkaian seleksi yakni tes potensi akademik (TPA), tes kepribadian, dan tes wawancara. Dua tahap seleksi yakni tes TPA dan tes kepribadian merupakan tahap seleksi yang baru dilakukan oleh Unismuh tahun ini.

Irwan mengatakan, tes TPA ini untuk mengetahui kemampuan kognitif, penalaran, dan visual calon mahasiswa baru. Hal ini direncanakan agar dapat menghasilkan alumni yang berkualitas. Saat ini Unismuh memiliki sekitar 31 ribuan mahasiswa aktif dan 925-an tenaga pengajar.

"Kita mau lihat kemampuan dasar calon bisa mengatasi persoalan akademik. Selanjutnya untuk tes kepribadian, kita mau lihat potensi stres, misi pendidikannya, akhlak, dan karakter yang dimiliki oleh mahasiswa baru," kata Irwan.
 
Unismuh Makassar merupakan salah satu PTS di Indonesia bagin timur yang cukup banyak jumlah peminatnya setiap pendaftaran mahasiswa baru. Pendaftarnya setiap tahun rata-rata mencapai 10 ribu pendaftar setiap tahunnya.

Olehnya itu, pihak panitia penerimaan mahasiswa baru sudah siap mengantisipasi lonjakan pendaftar tersebut. "Sejak dibuka pendaftaran saat ini sudah mencapai 1.000 pendaftar," tambah Pembantu Rektor I Unismuh Dr Abd Rahman Rahim.

Unismuh mengelolah tujuh fakultas dan program pascasarjana (PPs). Tujuh fakultas tersebut yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kedokteran.  

Unismuh juga merupakan wadah untuk melanjutkan jenjang pendidikn yang terjangkau biaya perkuliahan dan kualitas luaran diminati banyak perusahaan, selain karena kecerdasan intelektualnya juga karena kecerdasan spritual yang tinggi berkat Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) yang diajarkan mahasiswa mulai dari semester satu hingga semester delapan.
Penulis: Suryana Anas
Editor: Imam Wahyudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas