• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Timur

Polisi Kejar Pelaku Utama Pembakaran Asrama Mahasiswa Bulukumba

Selasa, 22 Mei 2012 11:14 WITA
Polisi Kejar Pelaku Utama Pembakaran Asrama Mahasiswa Bulukumba
KOMPAS.com/Hendra Cipto
Kepala Kepolisian Daaerah Sulawesi Selatan, Inspektur Jendral Polisi, Mudji Waluyo memperlihatkan kepada Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan senjata api rakitan yang berhasil disita polisi pasca bentrokan antarsuku mahasiswa Bulukumba melawan mahasiswa Palopo di Makassar, Jumat (18/05/2012)
MAKASSAR, KOMPAS.com - Polisi terus mengejar para pelaku utama pembakaran rumah kos-kosan yang dijadikan asrama mahasiswa di Jalan Mallengkeri beberapa waktu lalu. Pasca tawuran  mahasiswa antar kelompok Bulukumba dengan Palopo,tuntas  aparat kepolisian Polrestabes Makassar tidak pernah berhenti mengusut tuntas penyebab dan motif dari insiden tersebut serta memburu para pelakunya.

Sampai hari Selasa ini (22/5/2012), polisi menetapkan empat mahasiswa sebagai tersangka pembakaran asrama Bulukumba yakni Asruddin Bin Abbas, Muh Yusuf, Abdul Gafur dan Nikolas. Keempatnya merupakan mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Muhammadiyah. Meski begitu, keempatnya tidak ditahan di Polrestabes Makassar karena diduga hanya turut membantu tersangka utama yang kini masih buron.

"Alasan tidak dilakukan penahanan, karena hanya turut serta membantu pelaku utama pembakaran asrama Bulukumba. Dalam hal ini, keempatnya hanya menyiapkan kebutuhan dan melindungi pelaku utama sebagaimana dalam pasal 56 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Saat ini, kita masih kejar pelaku utamanya," ujar Wakil Kepala Reserse Kriminal (Wakasat Reskrim) Polrestabes Makassar, Komisaris Polisi Anwar, Selasa.

Selain mencari pelaku utama pembakaran asrama Bulukumba, polisi juga mencari provokator tawuran mahasiswa antar kedua kelompok di Sulsel ini. Diduga, tawuran tersebut diprovokasi oleh mantan mahasiswa dari berbagai kampus yang bermukim di Bumi Tamalanrea Permai (BTP). Mereka dikeluarkan dari kampus karena sering berbuat keonaran. "Dugaan sementara, merekalah provokatornya. Tapi kami masih mendalami penyelidikannya," ungkap Anwar.

Bentrokan mahasiswa Bulukumba dengan mahasiswa Palopo terjadi di Makassar beberapa hari terakhir dan puncaknya, Jumat (18/05/2012) dini hari. Dalam bentrokan ini, sebuah rumah kos-kosan yang dijadikan sekretariat mahasiswa Bulukumba di Jl Mallengkeri dibakar oleh mahasiswa Palopo. Kedua kelompok saling serang bersenjatakan parang, badik, anak panah, bom molotov, senjata api rakitan (Papporo) dan lainnya. (*)
Editor: Muh. Taufik
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
90139 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas