• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 30 September 2014
Tribun Timur

Kejari Sidrap Bidik Pejabat Bank Bukopin

Selasa, 24 April 2012 20:21 WITA
SIDRAP, TRIBUN-TIMUR.COM - Dalam waktu dekat, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap,  akan menetapkan  tersangka kasus dugaan pencucian dan penggelapan dana proyek kredit ketahanan pangan (KKP) Pemkab Sidrap tahun anggaran 2005-2006.

Kabarnya calon tersangka pada kasus tersebut mengarah ke dua  pejabat Bank Bukopin Parepare.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sidrap, Arifin Hamid, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/4).

"Kami belum bisa menyebut siapa. Tunggu saja hingga pemeriksaan rampung," kata Arifin.

Informasi yang dihimpun, Program pola kemitraan melalui pembinaan petani yang digagas pemerintah Sidrap dengan mengucurkan bantuan berupa KKP sebesar Rp 9 miliar lebih.

Kedua tersangka diduga melakukan penggelapan dan  praktek pencucian uang  dengan cara mendebetkan uang kas sebesar Rp 9 miliar di rekening Pemda Sidrap.

"Jumlah kerugian yang timbul akibat penggelapan tersebut mencapai Rp580 juta, dan itu merugikan daerah," kata Arifin.

Arifin juga beralasan masih menunggu hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Makassar, untuk menentukan status kedua pejabat Bank Bukopin tersebut.

Kredit macet ini terungkap setelah tim audit internal BPK melakukan pemeriksaan kredit macet KKP di Badan Ketahanan Pangan Pemkab Sidrap sejak tahun lalu.

Hasilnya, BPK Makassar, mencium adanya indikasi bahwa pihak bank Bukopin mengabaikan prinsip kehati-hatian yang menjadi standar dasar dan mutlak berlaku di setiap bank.(*/tribun- timur.com)
Penulis: Achwan Ali
Editor: Muh. Irham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
87685 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas