Senin, 24 November 2014
Tribun Timur
Home » News » Politik

Inilah 20 Figur Balon Wali Kota Makassar

Senin, 9 April 2012 08:43 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -  Hingga pekan kedua April 2012 ini, setidaknya sudah muncul 20 figur wali kota Makassar.

Sebagian besar dari mereka menyatakan langsung keinginanya di depan publik pendukung atau komunitas penyokongnya, media massa, dan lebih banyak lagi melalui atribut politik berupa baligho yang dipajang di pinggir jalan.

Tahapan inti pilwali Makassar dijadwalkan dimulai sekitar Mei 2014, atau setahun dari sekarang.

Namun, figur yang mensosialisasikan diri atau diusung oleh partai atau komunitas pendukungnya  sudah mulai sejak satu setengah tahun terakhir. "Politik di Makassar ini cair dan jabatan wali kota itu menjanjikan," kata Hudri Arsyad, mantan Koordinator Forum Informasi dan Komunikasi (FIK) Organisasi Non Pemerintah (Ornop) Sulsel.

Senada Hudlri, pengamat komunikasi Politik asal UIN Alauddin, Makassar, Dr Firdaus Muhammad, menilai figur the Mayor di ibu kota provinsi ini, akan semakin tambah, dalam tempo lima bulan ke depan

"Dan sekarang kebanyakan figur saling mengintip," katanya menjelaskan bahwa pada Pilwalkot 2009 lalu, dengan 7 pasang calo wali kota, Makassar tercatat sebagai ibu kota privinsi dengan politik paling dinamis dan diincar banyak kalangan.

Dalam catatan Tribun, memang hampir tiap bulan ada saja figur baru yang menyatakan diri di "pinggir jalan", atau diajukan oleh pendukungnya.
Figur terakhir, yang awal April ini menyebar baligho di pinggir jalan adalah mantan Ketua Ardin Sulsel dan ketua MPW Pemuda Pancasila Sulsel Salahuddin Sinar Raisen Sampetoding, yang akrab disapa dan mengenalkan nama sapaannya "Daeng Annar".

Ke 20 figur itu setidaknya dikategorikan dari empat latar belakang dasar, pengusaha (10), Politisi (6), Birokrat (3), dan aktivis LSM (1).

Pengusaha lebih banyak, karena memang Makassar ini kota dagang dan banyak lahir pedagang besar dari ibu kota provinsi yang jadi gerbang timur Indonesia ini.(*)

Berikut ke-20 figur Itu;
PENGUSAHA+Politisi
1.Idris Manggabarani (Demokrat/Pengusaha)
2.Dewie Yasin Limpo (Hanura/Pengusaha)
3.Rusdin Abdullah (Golkar/Pengusaha)
4.Zulkarnain Arief (Golkar/Pengusaha)
5.Salahuddin Annar Sampetoding (pengusaha)
6.Andre Suryana Arief Bulu (Legislator Demokrat/pengusaha)
7.Busrah Abdullah(Legislator PAN/Pengusaha)
8.Zulkifli Gani Otto (pengusaha/Ketua PWI)
9.Bahar Ngitung (Pengusaha/senator RI)
10.Fatima Kalla (pengusaha/diusulkan PKB dan PBB)

POLITISI
11.Adil Patu (PDK/legislator)
12.Haris Yasin Limpo (Golkar/Legislator)
13.Ariadi Arsal (PKS/Legislator)
14.Jafar Sodding (PKS/Legislator)
15.Iqbal Djalil (PKS/Legislator)
16. Haidar Madjid (PD/Legislator)

BIROKRAT
17.Anis Zakaria Kama (Eks Birokrat)
18.Supomo Guntur (Golkar/birokrat)
19.Saiful Saleh (Muhammadiyah/Birokrat)

Aktivis LSM
20.Muhammad Nawir
(Koordinator Serikat Rakyat Miskin Kota)

Belum habisnya periode kepemimpinan IASMO ( Ilham Arief Sirajuddin dan Soepomo Guntur ), tetapi gaung perebutan kursi WALIKOTA  Makassar sendiri sudah mulai rame dibicarakan,termasuk mengenai kandidat yg telah menyatakan diri menjadi Calon Walikota Makassar periode 2014 -2019.

Ada beberapa calon telah menyatakan baik melalui partai mau pun lewat jalur independent.Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya beberapa baliho yang terpasang di kota Makassar.(*)
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Ridwan Putra

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas