Minggu, 23 November 2014
Tribun Timur

Model Baru Ramaikan Pasar Mobil Indonesia

Sabtu, 31 Maret 2012 10:35 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mobil yang dipamerkan di Bangkok International Motor Show (BIMS) menjadi acuan tidak  resmi model-model baru yang bakal dipasarkan di Indonesia. 

Maklum, sebagai basis produksi mobil terbesar di ASEAN, Thailand masih menjadi kiblat. Pada BIMS yang masih berlangsung saat ini (26 April-6 April 2012), total 650 kendaraan dipamerkan, 11 adalah model  baru yang segera dipasarkan di Indonesia.

Honda 
Honda misalnya, memajang dua model baru, yaitu Brio dan All New Civic dan akan diluncurkan pada semester kedua tahun ini. 

Impor perdana Brio sudah disampaikan PT Honda Prospect Motor (HPM) dan dilakukan pada kuartal terakhir tahun ini disusul perakitan lokal mulai 2013.

Civic baru terlihat lebih segar dengan desain yang berubah total dari model sebelumnya. Desain lampu depan kini lebih sipit sedangkan lam pu kombinasi didesain dengan bentuk trapesium, tidak lagi bulat. Dimensinya juga terlihat lebih lebar dan ditawarkan dengan dua pilihan mesin bensin i-VTEC, yaitu 1.8 liter bertenaga 140 PS dan 2.0 liter 154 PS.

Toyota 
Toyota juga sudah memastikan akan meluncurkan Camry facelift, termasuk pilihan varian hibrida di Indonesia, minggu depan (April 2012). Camry hibrida bakal menemani Prius memulai pasar baru kedaraan ramah lingkungan di Indonesia. Toyota berharap, dengan menyasar pada segmen atas, teknologi "hijau" ini bisa lebih mudah diterima di pasar.

Produsen mobil terbesar di Jepang dan Thailand itu juga sudah melego Toyota 86 dengan bandrol 2,49 -2,74 juta bath atau (Rp 738,1 - 812,2 juta). Sedan sport kupe terbaru ini bakal menjadi debut perdana Toyota memasarkan mobil sport di Indonesia dan direncanakan akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini.

Suzuki dan Mitsubishi mendebut dua mobil kompak terbaru mereka, yaitu Swift dan Mirage. Kedua mobil ini adalah hasil program "Eco Car" yang dicanangkan pemerintah Thailand. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sudah memastikan akan memboyong Mirage tahun ini. Sedangkan Suzuki masih pikir-pikir. "Kami hanya memasarkan (impor) Swift dari Thailand tapi  mesin 1.5 liter bukan yang 1.2 liter," jelas Davy Tuilan, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales saat dihubungi KompasOtomotif, (30/3/2012).

Amerika
Selain dominasi Jepang, dua merek Amerika Serikat Chevrolet dan Ford tak ketinggalan memperkenalkan modell-model barunya dan segera dipasarkan di Indonesia pada tahun ini.

PT Ford Motor Indonesia (FMI) memastikan peluncuran dua model baru, yakni  All-New Ranger dan All-New Focus plus Fiesta 1.5 liter. "Untuk All-New Focus setelah produksinya jalan di Thailand, Agustus (2012). Sedangkan Fiesta (1.5 liter), kami memang berminat namun  belum bisa dipastikan,"  jelas Bagus Susanto, Managing Director FMI.

Chevrolet, mendebut dua model barunya, yaitu All-New Trail Blazer di segmen SUV menengah. Ditambah Sonic untuk  mengisi segmen sedan kecil (segmen B), termasuk model hatchback. Menarik, Sonic yang diposisikan sebagai pengganti  Aveo, selain model hatchback,  sedan juga  akan diluncurkan di Indonesia pada semester kedua tahun ini. (*)

Editor: Ridwan Putra
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas