Kamis, 27 November 2014
Tribun Timur

Daeng Lawa Merantau Sejak Usia 17 Tahun

Selasa, 20 Maret 2012 07:24 WITA

Daeng Lawa Merantau Sejak Usia 17 Tahun
Daeng Lawa pria tua asal Jeneponto saat dijumpai anggota Relawan Pemantau Bencana Alam dan Musibah Maritim Kep Bangka Belitung belum lama ini
Laporan:
Mingky Listiyadhi, Pkpinang Volunteer Disaster Command Monitor
Melaporkan dari Bangka Belitung

SEORANG kakek bernama Daeng Lewa ditemukan hidup sendiri di Pulau Bebuar, Provinsi Bangka Belitung, selama kurang lebih 20 tahun.

Pada umur 17 tahun, Daeng Lewa pergi merantau ke Bangka Belitung mengikuti kapal pinisi ke Jakarta lalu menaiki kapal nelayan Bugis hingga menetap di pulau yang berjarak tempuh sekitar 60 menit dari Bangka Tengah itu.

Itu diceritakan Yasir, Koordinator Posko Tagana Karau, Bangka Belitung, yang menemukan orang tua berumur 90 tahun tersebut pada Juni 2011.

Kebetulan saat itu kami sedang melakukan evakuasi korban kapal pecah di perairan sekitar. Lalu kami menemukan kakek itu yang mengalami kekurangan pangan, Sejatinya, pada 1990-an pulau tersebut dihuni sekitar 40 keluarga.
Tapi, pada 1992 keluarga tersebut mengungsi ke Kabupaten Bangka
Tengah.

Daeng Lawa juga diajak untuk mengungsi tapi tidak mau dengan alasan tidak memiliki keluarga di kabupaten tersebut. Daeng lebih memilih tinggal sendiri di pulau yang memiliki luas 22 ribu meter persegi tersebut.

Setelah diusut, Daeng Lawa berasal dari Desa Belakallong, Kabupaten
Jeneponto, Sulawesi Selatan. Ia anak tunggal dari orangtua bernama Palimbang dan Hajra. Ia mempunyai ibu angkat bernama Kenari yang memiliki dua anak yaitu Simbani dan Renda.(*)
Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas