Home »

Sport

» Sport

Ulasan MotoGP 2012

Siapa yang Terbaik, Honda atau Yamaha?

Dua tim Jepang ini pun mengklaim, mereka memiliki motor 1.000 cc yang lebih baik.

Siapa yang Terbaik, Honda atau Yamaha?
HONDA DAN YAMAHA

Dengan demikian, uji coba resmi tersebut hanya tinggal satu kali lagi, yang akan berlangsung di Jerez, 23 Maret mendatang.

Dari dua tes pra-musim tersebut, yaitu 31 Januari - 2 Februari, serta 28 FebruarI - 1 Maret, ada dua tim yang tampil dominan. Honda dan Yamaha, yang musim lalu juga bersaing ketat, kembali memperlihatkan bahwa mereka masih tetap menjadi kandidat terkuat untuk memperebutkan gelar juara era perdana MotoGP mesin 1.000 cc pada tahun 2012 ini.

Dua tim Jepang ini pun mengklaim, mereka memiliki motor 1.000 cc yang lebih baik.

Faktanya, Honda yang merupakan juara bertahan, tampil lebih meyakinkan. Pebalap terbaiknya, Casey Stoner, selalu menjadi yang terdepan dalam dua uji coba resmi tersebut.

Meskipun demikian, Honda tak mau terlalu jemawa, karena mereka cukup khawatir dengan ancaman Yamaha, seperti yang diutarakan executive vice president HRC, Shuhei Nakamoto.

"Sangat, sangat cepat! Ini menjadi sebuah masalah besar bagi kami," ujar Nakamoto pada hari terakhir tes di Sepang, pekan lalu, mengenai Yamaha baru.

Memiliki level yang sama seperti Honda?

"Tidak, bahkan lebih baik!"

Nakamoto tak bisa memungkiri bahwa Yamaha memang punya sisi yang lebih bagus dibandingkan dengan Honda, yaitu sasis. Sedangkan di sisi lain, Honda masih dikhawatirkan oleh persoalan getaran pada motor RC213V baru, yang juga kerab menjadi keluhan Stoner.

"Yamaha secara historis memiliki pegangan mesin yang sangat bagus... dan sekarang pun demikian!" ujar Nakamoto. Tetapi dia sepakat bahwa Honda biasanya lebih kuat dalam hal tenaga, dan menurutnya: "situasinya (sekarang) masih tetap sama."

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ridwan Putra
Editor: Ridwan Putra
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help