Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Timur

Pekan Ini, Suzuki Perkenalkan Metik Teririt di Makassar

Selasa, 17 Januari 2012 22:11 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - PT Sinar Galesong Pratama (SGP) selaku main dealer sepeda motor Suzuki untuk wilayah Sulawesi segera merilis sepeda motor barunya, Nex. Motor yang diklaim sebagai metik teririt di Indonesia ini akan diperkenalkan di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu (21/1/2012).

Marketing Manager SGP, Fredrik Tulaseket, yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/1/2011), malam, mengatakan, metik terbaru Suzuki ini punya keunggulan dari segi bobot, konsumsi bahan bakar, serta kekuatannya.

Anggapan boros BBM itu, katanya, oleh Suzuki melalui Nex, dijawab dengan teknologi yang mumpuni yang tidak dimiliki metik lain. Dan faktanya, hasil pengujian yang dilakukan oleh Suzuki bersama Museum Rekor Indonesia (MURI) membuktikan bahwa konsumsi BBM Suzuki nex sangat fantastis, yaitu 79,6 Km/liter. "Rekor Irit BBM ini dipecahkan nex di Sirkuit Sentul pada 20 Oktober 2011 lalu," katanya.

Untuk yang aktif di berbagai kegiatan, Nex mampu bermanuver disemua kondisi jalan, apalagi di padatnya arus lintas kota, sehingga memudahkan aktivitas.

Sebagai metik yang unggul, katanya, bisa dilihat dari volume silindernya yang 113 cc, tapi mampu mencapai daya maksimum 9,4 ps / 8.800 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 8,7 Nm/6.500 rpm. Untuk meningkatkan efisiensi BBM Nex, Throttle Position Sensor (TPS) juga digunakan untuk mengatur pengapian sesuai posisi gas.

Bobot Nex yang hanya 87 kg dan tinggi jok 735 mm membuat Suzuki nex mudah dikendarai oleh pengendara pemula, terutama wanita. Dengan bobot yang ringan ini, Suzuki nex jadi lincah bermanuver dan akselerasinya prima. Bodi nex yang ramping (665 mm) juga membuatnya mudah parkir di tempat sempit sekalipun.

Keuntungan lain dari bodi ringan, selain konsumsi BBM-nya jadi lebih efisien adalah parkir menggunakan standar tengah jadi lebih mudah.

Kelebihan Nex lainnya adalah untuk kenyamanan disediakan dua buah rak penyimpanan yang mampu menyimpan botol minuman sebesar 500 ml masing-masing di bagian depan dan bagasi bawah jok yang paling besar di kelasnya, yaitu 4,8 liter.

Suzuki Nex, disediakan enam pilihan warna, yaitu hijau, putih, pink, merah, hitam, dan biru yang tersedia dalam dua jenis striping keren. Velg nex yang casting wheel juga menjadi daya tarik tersendiri. Velg nex mempunyai rongga di tengahnya untuk mengurangi bobotnya dan memudahkannya saat bermanuver. "Dengan semua keunggulan di atas, Suzuki Nex  bisa bersaing di kelas matik 110 cc," katanya.

Soal harga (untuk wilayah Sulawesi), pabrikan  mematok Rp 12,85 juta sudah termasuk velg casting wheel. Harga ini jauh lebih terjangkau di banding matik sekelas yang beredar di pasaran. (*/tribun-timur.com)

Penulis: Hasriani
Editor: Muh. Irham

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas