• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Timur

Mau Belajar Beladiri Aikido di Makassar?

Jumat, 13 Januari 2012 12:55 WITA
Mau Belajar Beladiri Aikido di Makassar?
dok/facebook

MAKASSAR, TRIBUN -- Anda tertarik belajar seni bela diri modern, dengan metode defensif atau bertahan di Makassar?

Keluarga Beladiri Aikido Indonesia ( KBAI) Makassar, kini punya tempat dan jadwal berlatih rutin dan tetap.

Salah seorang  Aikidoist Makassar, Rustam Jamil, yang juga berprofesi sebagai advokat/pengacara di Makassar, berbagi informasi di wall facebook Tribun Timur Berita Online, Jumat (13/1/2012).

Rustam menulis, Aikido adalah Seni Bela Diri Bertahan (Defensif),
Memanfaatkan energi lawan, lembut dan mengutamakan pengendalian diri. "Mudah dipelajari termasuk wanita," tulisnya.

Cocok untuk pekerja profesional. Jadwal Latihannya di Makassar, dua kali sepekan. Hari Senin dan Rabu, mulai pukul 19.30 Wita hingga 22.00 wita.
Lokasinya di GOR Asrama Polisi Panaikang, Jl Urip Sumiharjo, Makassar, Untuk informasi keikutsertaan telepon ke 0411-5280349, Faisal.
Aikido adalah seni beladiri yang mempunyai akar pertumbuhan dan budaya dari Jepang.

Aikido adalah manifestasi dari modernisasi pemikiran Jepang dengan selimut budaya Jepang tradisional. Hal ini membuat seni beladiri yang dikembangkan oleh Morihei Ueshiba sekitar tahun 1800-an( Ueshiba Morihei) menjadi sangat diminati berbagai kalangan pada abad modern ini sebagai sebuah gaya hidup.
Akar ilmu bela diri aikido terutama berasal dari sebuah tradisi bela diri kuno yang turun temurun hanya dimiliki sebuah keluarga istana, "Daito Ryu Aiki-Jujutsu (atau ju-jutsu)".
Dalam tradisi lama "Jutsu" berarti sebuah "art" atau "seni", sehingga bentuk lama ini mempunyai pakem-nya sendiri sebagai sebuah tradisi dengan tatanan gerak tertentu. "Daito" adalah sebuah nama yang merujuk kepada nama sebuah istana, yaitu Daito. "Daito" merupakan istana milik putra keturunan Kaisar Seiwa bernama Minamoto Genji Yohimitsu. Yoshimitsu diwariskan ilmu ini oleh putra ke enam Kaisar Seiwa yaitu Pangeran Teijun yang sangat menggemari ilmu beladiri. Morihei Ueshiba yang biasa disebut sebagai O-Sensei mempelajari ilmu "Aiki" ini dari guru pewaris ilmu ini yaitu "Sokaku Takeda". "Takeda" adalah sebuah nama keluarga yang tidak lain adalah nama lain dari keluarga "Minamoto". Dengan bakat yang begitu besar, Morihei Ueshiba telah menyebarkan muridnya ke seluruh dunia untuk memperkenalkan keindahan ilmu seni beladiri aikido ini. Saat ini, aikido telah berkembang sekurangnya ke 93 negara di Asia, Eropa, Amerika, Australia dan sebahagian Afrika. (zil)
Penulis: Muh. David Aritanto
Editor: Muh. Irham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas