Sabtu, 5 September 2015

Inilah Contoh Sertifikasi Profesi Insinyur

Sabtu, 10 Desember 2011 11:46

Berikut ini merupakan contoh sertifikasi profesi insinyur baik nasional maupun internasional.

a. Sertifikasi Profesi Insinyur Internasional

Status profesional didefinisikan secara hukum dan dilindungi oleh sebuah badan pemerintah. Di beberapa wilayah hukum hanya terdaftar atau insinyur lisensi diizinkan untuk menggunakan gelar insinyur atau praktek rekayasa profesional.

Yang membedakan seorang insinyur profesional berlisensi adalah kewenangan untuk mengambil tanggung jawab hukum untuk pekerjaan engineering. Sebagai contoh, seorang insinyur berlisensi mungkin bertanda, bercap atau berstempel dokumentasi teknis seperti laporan, gambar, dan perhitungan, perkiraan desain studi, atau analisis.

Contoh Sertifikasi Insinyur di Kanada

Di kanada gelar Professional Engineering hanya dapat digunakan oleh para insinyur berlisensi dan dilindungi dalam hukum di semua propinsi. Perizinan insinyur dilakukan melalui badan hukum yang berkuasa, seperti Profesional Engineering Ontario. Banyak dari asosiasi ini yang bertanggung jawab untuk mengatur profesi terkait. Proses pendaftaran umumnya sebagai berikut:

Lulus dengan  gelar dari program terakreditasi di teknik atau ilmu terapan, terakreditasi oleh Badan Akreditasi Kanada Engineering (CEAB).

Halaman1234
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Ridwan Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas