• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Timur

Palembang Kota Dunia

Rabu, 9 November 2011 17:45 WITA
Laporan: Anno Suparno, Melaporkan dari Palembang

TRIBUN-TIMUR.COM - Sehari lagi, Pembukaan Ceremony sea games yang ke 26 bakalan berlangsung di kota Palembang Sumatra selatan. Hiruk pikuk menyambut Sea Games di kota ini sangat meriah. Semua pihak terlihat ikut mendukung baik Pemerintah,swasta hingga masyarakat tingkat bawah.

Saat ini Palembang benar benar menjadi sebuah kota dunia. Setidaknya, 13 negara se Asia Tenggara memfokuskan mata dan pikiran mereka ke kota ini untuk mengikuti perkembangan 21 cabang olahraga yang dipertandingkan di kota Sriwijaya ini. Sebanyak 13 negara seperti Thailand,singapura, filiphina, Kamboja, Laos, Myanmar dan sederet negara Asia lainnya mengirim atletnya untuk mengikuti 21 cabang olahraga yang dipertandingkan di kota ini. Jadi wajarlah sekiranya saat ini, Palembang menjadi kota dunia karena 13 negara di Asia Tenggara berpartisipasi di kota ini. Belum termasuk seribu wartawan dari berbagai negara meliput sea games Palembang.

Saat ini, Palembang sudah siap menggelar perhelatan sea games. Baik persiapan ceremony, jakabaring sport centre hingga warga dan kondisi transportasi kota sudah siap mensukseskan event internasional ini. Menurut saya, Pemerintah daerah ini berhasil membangun kesadaran kepada masyarakat Palembang atau masyarakat Sumatra selatan untuk ikut berpartisipasi mendukung hingga sukses sea games di Palembang.

Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat dalam melakukan penyambutan event ini. Apalagi gubernur dan walikotanya. Kedua pejabat ini menurut masyarakat Palembang, adalah dua tokoh yang mensukseskan event sea games di Palembang. Keduanya bersatu dan bahu membahu menyokong hingga persiapan pembukaan sea games bisa terlaksana.

Kota Palembang, seolah bukan kota yang terletak di Indonesia. Transportasi tertata rapi, tidak ada kemacetan menuju Jaka baring, tidak ada sampah berserakan, arus lalu lintas lancar, hingar bingar sea games terlihat di berbagai sudut kota. Masyarakatnya pun sangat siap 'disulap' untuk ditata sedemikain rupa sehingga kota palembang benar benar layak disebut sebagai kota dunia untuk menggelar event internasional.

Di sepanjang jalan menuju kawasan sport centre jakabaring, mulai dari flu over, jembatan Ampera hingga jakabaring tidak diperkenankan kendaraan terparkir di tepi jalan apalagi sampah. Bahkan Tak terlihat tokoh politik,pejabat, pengurus parpol,organisasi masyarakat yang memasang baligho untuk sekedar mengucapkan selamat dan sukses sea games di Palembang. Ini berbeda seandainya sea games berlangsung di kota Makassar.

Tentu kita kaget mengapa kota Palembang kini benar benar siap sebagai kota yang layak disebut sebagai kota berkawasan dunia. Padahal, hingar bingar dan promosi budaya sangat jarang terlihat terlaksana di Palembang atau bahkan di Jakarta.

Menurut teman teman media di kota ini, dua pejabat mereka yakni gubernur dan walikota Palembang adalah tokoh dibalik suksesnya Palembang menggelar sea games. Padahal, kedua pejabat ini berlatar belakang parpol yang berbeda. Gubernur dan walikotanya bersatu dan selalu sepaham tentang ide Palembang untuk menjadi salah satu kota terindah dan teramah di Indonesia, bahkan kota ini sudah menjadi ibu kota negara Republik Indonesia jika sewaktu waktu DKI sudah tidak sanggup lagi menjadi kota negara Indonesia.

Akhirnya saya menyimpulkan, bahwa promosi yang paling tepat untuk menjadikan sebuah kota menjadi terkenal atau menjadi kota dunia adalah menyediakan segala infrastruktur olahraga yang bertaraf internasional. Melalu olahraga, kota ini akan terkenal karena setiap saat akan bersiap menjadi tuan rumah event olahraga baik skala nasional maupun internasional. Segala event olahraga dapat terlaksana di sebuah kota jika sarana olahraganya memadai dan berstandard internasional. Tengoklah negara negara yang pernah menghelat event olahraga bertaraf internasional, pasti negara tersebut semakin maju dan tingkat pendapatan masyarakatnya pun semakin meningkat.(*/tribun-timur.com)
Penulis: CitizenReporter
Editor: Muh. Irham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
71934 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas