Sabtu, 22 November 2014
Tribun Timur

KKMB UNHAS Membentuk Mahasiswa Berkarakter Melalui PASANG 2011

Selasa, 4 Oktober 2011 13:29 WITA

KKMB UNHAS Membentuk Mahasiswa Berkarakter Melalui PASANG 2011
Kawasan penangkaran kupu-kupu di Bantimurung, Kabupaten Maros
Laporan: Muhammad Kasim, dewan pembina KKMB UNHAS melaporkan langsung dari Taman Nasional Bantimurung, Kab. Maros.

Kerukunan Keluarga Mahasiswa Bulukumba (KKMB) UNHAS mengadakan pengkaderan dan Sosialisasi Anggota (PASANG) 2011 di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kabupaten Maros. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 3-4 Oktober 2011. Sebanyak 50 peserta yang berasal dari lintas fakultas di Universitas Hasanuddin (UNHAS) turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Semua peserta merupakan mahasiswa baru (angkatan 2011) yang berasal dari Kabupaten Bulukumba. Arman kebe, salah satu panitia yang penulis temui mengatakan, "seharusnya jumlah peserta bisa lebih banyak lagi, tetapi kendala padatnya kegiatan kampus sehingga mereka tidak bisa turut hadir meramaikan kegiatan". KKMB UNHAS yang juga merupakan Organda (organisasi daerah) mahasiswa asal Bulukumba memang sengaja mencanangkan PASANG sebagai agenda tahunan. Tercatat sudah ada empat generasi yang berhasil dicetak oleh PASANG sejak tahun 2008.

Terlihat antusiasme peserta selama kegiatan berlangsung. Berbagai materi menarik sengaja disiapkan panitia guna menarik perhatian peserta untuk terlibat aktif di dalamnya. Tidak hanya itu, cara penyampaian materi dibuat santai dan bersahaja supaya tercipta suasana akrab antarpeserta. Adapun materi yang disajikan dalam kegiatan ini meliputi pengenalan identitas diri, dinamika kemahasiswaan, hakikat dan urgensi organisasi, serta pengenalan profil KKMB UNHAS. Tidak lupa pula, di setiap materi juga ditanamkan nilai serta kearifan lokal Kabupaten Bulukumba. Diharapkan nantinya terbentuk kader baru yang progresif, berkarakter, serta mampu mengaplikasikan nilai dan semangat budaya Kabupaten Bulukumba.
 
Rencananya kegiatan ini akan berakhir pada minggu sore (2/10). Sebelum usai, terlebih dahulu dilakukan pengukuhan peserta sebagai anggota baru KKMB UNHAS. Prosesi ini merupakan rangkaian terakhir sekaligus acara puncak PASANG 2011. Namun tidak berhenti sampai disitu karena akan dikasanakan lagi forum lain semacam follow up guna menjaga semangat serta antusiasme anggota baru dalam berlembaga. Diharapkan semangat berlembaga ini dapat diaplikasikan dalam wujud nyata, yaitu berperan positif dalam pembangunan serta kemajuan Kabupaten Bulukumba ke depannya. 
Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas