Konsultasi Kesehatan

BB Bayi Kurang, Bolehkah Susu Dicampur Tajin?

BB Bayi Kurang, Bolehkah Susu Dicampur Tajin?

TANYA:   Saya memiliki anak laki-laki umur 2 bulan dengan berat 4,7 Kg. Karena ASI saya tidak mencukupi kebutuhan, maka anak saya juga minum dari susu formula. Menurut mertua bayi saya kelihatan kecil, dia menyarankan untuk mencampurkan air beras pada susu formula. Apakah ini tidak menganggu kesehatan anak, mengingat berbagai macam penyakit yang telah muncul pada zaman modern sekarang ini. Terimakasih atas jawaban yang diberikan?  Fahriani (32), Pekanbaru

JAWAB : Sebenarnya berat badan si kecil untuk seusianya masih termasuk normal, tetapi sayangnya ibu tidak mencantumkan berat badan lahir dan tinggi badannya saat ini sehingga penilaian status gizinya tidak dapat dilakukan dengan optimal. Untuk 3 bulan pertama kehidupannya, pertambahan berat badan yang normal adalah berkisar antara 750-1000 gram/bulan.

Mengenai asupan nutrisinya, yang terbaik adalah sudah tentu ASI, dan sebaiknya ibu tetap mengoptimalkan pemberiannya. Namun bila sangat terpaksa karena suatu hal dan lainnya maka pemberian susu formula dapat dipertimbangkan.

Mengenai campuran dengan air beras sebaiknya tidak dilakukan mengingat akan mengacaukan jumlah kalori akan didapat dari takaran susu formula yang memang sudah ditentukan dengan seksama dari produsen. Belum lagi masalah higiene yang perlu mendapat perhatian mengingat hal ini dapat menjadi sumber penyebab infeksi terutama infeksi di saluran pencernaannya.(*/tribun-timur.com)

Editor: Muh. Irham
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help