• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Tribun Timur

Pengadilan Tolak Titipan Uang Terdakwa

Kamis, 8 September 2011 21:43 WITA
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Pengadilan Negeri Makassar Andi Makkasau menolak menerima titipan uang senilai Rp 24 miliar dari dua terdakwa kasus penipuan senilai Rp 29 miliar, Direktur PT Asindo Group Jhon Lucman dan Direktur PT Karunia Sejati Frans Tunggono.

Penolakan tersebut karena Makkasau yang juga bertindak selaku Ketua majelis hakim dalam menyidangkan terdakwa menilai pengadilan bukan tempat penitipan barang.
 
"Pengadilan kan bukan penitipan barang, makanya kami secara otomatis menolak penitipan tersebut apalagi itu adalah utang piutang terdakwa kepada PT Roda Mas Baja Inti selaku pihak yang ditipu," tegas Makkasau usai menyidangkan terdakwa di Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (8/9/2011).

Diketahui, uang senilai Rp 24 miliar tersebut adalah dana untuk membayarkan utang piutang mereka ke Roda Mas Baja Inti selaku pihak yang merasa ditipu lantaran pengambilan ratusan besi beton milik PT Roda mas Baja Inti tidak dibayarkan oleh terdakwa sejak 2006 hingga sekarang. Besi beton tersebut diperuntukkan untuk pembangunan Panakkukang Square.

Kendati demikian, penitipan uang tersebut bisa saja diterima oleh pihak pengadilan jika terdakwa maupun penasehat hukumnya mengajukan permohonan konsinyasi. "Kami baru ingin menerima penitipan uang tersebut jika terdakwa mengajukan permohonan, tapi alangkah baiknya jika uang piutang terdakwa ditip di kantor Bank Indonesi (BI) Cabang Makassar,"ujarnya meminta agar utang piutang terdakwa dititip di bank agar lebih aman.

Sementara keterangan pengacara terdakwa yakni Tajuddin Rachman yang dikonfirmasi seusai persidangan, sore tadi, mengatakan, penitipan uang tersebut lantaran pihak korban tidak menerima pembayaran utang piutang terdakwa karena dinilai pembayaran tersebut tidak sesuai dengan utang terdakwa yang mencapai Rp 100 miliar lebih yang mencakup utang pokok dan bunga.(*)
Editor: Ridwan Putra
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
29115 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas