4 Peserta Curang Ujian Masuk FK UMI Dibebaskan

Empat peserta ujian dianggap sebagai korban, bukan sebagai pelaku kecurangan ujian masuk FK UMI sehingga pihak panitia ujian

4 Peserta Curang Ujian Masuk FK UMI Dibebaskan
tamzil
alat perjokian
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Empat peserta ujian masuk fakultas Kedokteran UMI Makassar yang didapati menggunakan jasa joki tersebut mengaku, jika lulus diminta membayar uang jasa antara Rp 125 juta hingga Rp 175 juta.

Empat peserta ujian dianggap sebagai korban, bukan sebagai pelaku kecurangan ujian masuk FK UMI sehingga pihak panitia ujian tidak menyerahkan keempat orang itu ke aparat kepolisian.

Meski demikian, pihak panitia langsung menggugurkan 4 orang peserta tersebut karena melanggar aturan dan tata tertib ujian masuk penerimaan mahasiwa baru.

Kasus ini ditangani pihak keamanan internal kampus UMI. Karena itu, pihak kampus UMI mengimbau kepada seluruh masyarakat yang anaknya mendaftar di UMI agar tidak mempercayai iming-iming oknum tertentu yang mengaku bisa meluluskan anaknya di Fakultas Kedokteran

Atas pertimbangan kemanusiaan serta pertimbangan keselamatan para korban kasus korban perjokian, pihak kampus UMI Makassar tidak mempublikasikan foto-foto korban.

Juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menghindari kemungkinan terjadinya teror dan intimidasi kepada korban

Wakil Rektor 1 UMI Prof Syahnur Said menjelaskan, perangkat elektronik yang digunakan empat peserta ujian tersebut lebih kecil dari alat bluetooth yang sering dipakai pengguna ponsel.

Jika alat itu dipasang ditelinga, juga tidak begitu kelihatan karena kecil dan rapat melengket di lubang telingan. Ada baterai kecil dan antene kecil yang jika sepintas tidak langsung kelihatan, apalagi jika dipakai oleh peserta ujian berjilbab.

"Peralatan itu sepertinya lebih mahal dari bluetooth yang dipakai di pasaran
Warnanyapun berkamuflase dengan warna kulit, khususnya daun telinga
. Alat ini bisa bisa konek dengan HP dan memang disetting memanfaatkan frekuensi radio," jelasnya.(*)

4 Orang Calon Maba Hampir Menjadi Korban Perjokian:

1. Manda Primada (19)
2. Yusuf Purnomo (19)
3. Diannisa Vidra Vidiyanti (17)
4. Fadilah Jamil (19)

Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved