PKS Pantau Pemilu Thailand

Laporan: Amru Saher, Anggota DPRD Sulsel, melaporkan dari Thailand

PKS Pantau Pemilu Thailand
Laporan: Amru Saher, Anggota DPRD Sulsel, melaporkan dari Thailand


Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengutus delegasi untuk memantau pelaksanaan pemilu di Thailand sejak 2 Juli 2011 kemarin. Partai terkuat di Thailand ada tiga masing-masing Partai Phue Thai yang biasa di kenal golongan kaos Merah, Partai Demokrat yang terkenal kalangan kaos Biru, dan Vote-No yang terkenal kaos kuning.

Kalangan kaos kuning di Indonesia sama seperti golongan putih (golput). Untuk fenomena Vote-No (golput), sistem pemilu di Thailand melegalkan golput dan ada kolomnya dalam surat suara.

Pilihan untuk golput di pemilu adalah sikap politik yang legal di Thailand. Kalangan  golput ini juga mengorganisasikan diri dan ikut kampanye juga.

Di Thailand pemilu bersifat wajib diikuti oleh seluruh masyarakat yang disusun berdasarkan nomor di kartu keluarga (KK) atau kartu tanda penduduk (KTP).

Bagi yang tidak ikut mencoblos akan dicabut hak politiknya berupa tidak dapat mencalonkan diri dan tidak bisa melakukan mosi tidak percaya pada anggota legislatif.

Selain itu, kedewasaan partai dan masyarakatnya pada saat kampanye patut kita acungi jempol. Kampanye dilakukan pada hari yang sama tapi tidak ada konflik terutama di daerah Bangkok. Konflik hanya terjadi di daerah selatan Thailand seperti di Yala dan Pattani. Itupu konflik yang sudah lama.

Proses kampanye oleh partai politik lebih didominasi dengan perang program kerja kalau menang. Misalnya, Partai Phue Thai pimpinan Ying Luck Sinawarta yang menawarkan Visi Thailand 2020.

Diantaranya penggelontoran dana sebesar 1 juta Bath atau sekitar Rp 300 juta per desa, pemberian gaji minimal 300 bath atau 600 ribu pebulan. Kampanye akbarnya hanya berisi orasi-orasi calon anggota legislatif tanpa ada hingar-bingar musik dan lain-lain. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved