• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Timur

PPA Ambil Alih PT IKI Makassar

Jumat, 24 Juni 2011 17:26 WITA
PPA Ambil Alih PT IKI Makassar
Antara
Aktivitas di PT IKI Makassar
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - PT Perusahaan Penjamin Aset (PPA) menyetujui usulan Komisi VI DPR-RI mengambil alih PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Persero Makassar untuk memulihkan kondisi keuangan dan manajemen salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah M.Yamin di Makassar, Jumat (24/6/2011), mengatakan, persetujuan PT PPA ini merupakan hasil pertemuan antara Pemprov Sulsel, Komisaris dan Direktur Utama PT IKI dan Komisi VI DPR RI.

"PT PPA sebagai salah satu BUMN akan menyuntikkan dana dan melakukan perbaikan manajemen PT IKI mulai tahun ini," ujarnya. Jumlah dana yang akan disuntikkan ke PT IKI sebesar Rp191 miliar dan akan disalurkan secara bertahap hingga lima tahun masa pemulihan berjalan.
   
"PT IKI selama ini kesulitan pendanaan dan strategi. Suntikan dana ini disalurkan bertahap untuk melanjutkan kehidupan perusahaan. Belum ada pembangunan tapi pemulihan dulu. Setelah berjalan, diharapkan ada investor lain yang masuk," jelasnya.
   
Menurutnya, proses pengambilalihan ini telah lengkap, tinggal satu kali pembahasan di DPR bersama Menteri Keuangan dan Menteri BUMN.
   
Sebelumnya, lanjut dia, PT PPA telah melakukan audit terhadap PT IKI dan telah menemukan formula keuangan dan strategi manajemen yang tepat untuk menarik perusahaan tersebut keluar dari keterpurukan.
   
Ia berharap, perusahaan tersebut kembali dalam posisi yang stabil dalam lima tahun ke depan. Pemulihan juga termasuk pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan peningkatan teknologi.
   
"Tidak akan ada pengurangan karyawan dalam proses. Satu pra syarat yang diberikan PPA, bahwa selama kerja sama berlangsung, IKI tidak bisa kerja sama dengan pihak lain," jelasnya.
   
Soal rencana keterlibatan Pemprov Sulsel dalam perusahaan ini, ia mengatakan, pemprov akan melihat kemungkinan tersebut  
   
"Nantilah kita lihat kemungkinannya, tapi kita tetap akan mendorong untuk itu. Ini sebuah titik terang bisa melihat IKI ke depan sebagai salah satu industri strategis nasional," ujarnya kepada Antara.
   
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, sebelumnya, pernah mengungkapkan kesiapannya untuk mengambil alih pengelolaan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar yang selama 12 tahun terakhir tidak beroperasi karena terlilit hutang sebesar Rp200 miliar kepada Menteri BUMN Mustafa Abu Bakar. (*/tribun-timur.com)
Editor: Muh. Irham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
11243 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas