• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 24 September 2014
Tribun Timur

Wartawan Diintimidasi Anggota DPRD

Kamis, 7 April 2011 22:58 WITA
GUNUNG KIDUL, TRIBUN-TIMUR.COM - Kinerja jurnalis di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diuji. Seorang wartawan sebuah koran lokal, Endro Guntoro (34), diintimidasi oleh oknum anggota DPRD Gunung Kidul bernama Sugito di salah satu ruang komisi, Kamis (7/4/2011).

Sugito, yang juga sebagai Ketua Komisi C DPRD Gunung Kidul, menghardik wartawan tersebut dengan kasar. Hal tersebut terkait berita tulisan wartawan itu yang menyeretnya menjadi salah satu tersangka dalam kasus korupsi dana asuransi anggota Dewan. Oleh Kejaksaan Tinggi DIY, Sugito dijadikan tersangka karena merugikan negara Rp 1,7 miliar pada tahun 2004 saat masih menjabat sebagai Sekda Gunung Kidul.

"Siapa yang menyuruh kamu menulis berita kemarin? Ayo ngomong! Kalau anggota Fraksi PDI-P ya coba siapa? Ingat, saya Sugito, sejak kecil jago berkelahi," ucapnya dengan emosi.

Aksi dadakan dari pejabat yang disegani di kalangan DPRD setempat ini diketahui oleh wartawan lain yang saat itu melakukan peliputan di DPRD. Sejumlah wartawan yang berusaha melerai justru diusir oleh Sugito.

"Apa, kamu enggak usah ikut-ikut, pergi sana!" katanya dengan kasar.

Sementara Ketua DPRD Gunung Kidul Ratno Pintoyo saat dikonfirmasi mengatakan, secara kelembagaan pihaknya meminta maaf kepada para wartawan. Pihaknya akan segera mengundang Sugito sebagai bentuk teguran atas sikap yang sudah mencoreng citra DPRD tersebut.

"Saya berterima kasih rekan-rekan wartawan yang langsung melakukan klarifikasi. Saya akan segera panggil dan tegur Pak Gito," katanya. Dia berharap kejadian ini ke depan tidak akan terulang lagi sehingga terbangun kemitraan antara jurnalis dan DPRD Gunung Kidul.(*)
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
4302 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas