• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Timur

Maulid MIN Pattiro Jeneponto

Sabtu, 12 Maret 2011 02:53 WITA
Laporan: Chalid D Mone, Guru Melaporkan dari Jeneponto

TRIBUN-TIMUR.COM - Hari ini peringatan maulid Nabi Muhaamad saw diperingati di MIN 2 Pattiro Kecamatan Bangkala. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan telah berlangsung selama lima tahun.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad ini dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Bangkala dan Bangkal Barat yang terdiri dari 14 Madrasah Ibtidaiyah. Acara ini dihadiri oleh Bupati Jeneponto Rajamilo, Kepala Kantor Kementerian Agama Jeneponto Mahyuddin Latuconsina, Kementerian Agama wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Sekolah serta seluruh guru-guru MI se Kecamatan Bangkala dan Bangkala Barat.

Menurut  Ketua Panitia, H. Abd Rahman yang juga Kepala MIN 2 Pattiro bahwa kegiatan peringatan maulid ini bertujuan agar guru sebagi pendidik untuk senantiasa mengamalkan dan menjadikan akhlak Rasulullah sebagi contoh untuk diterapkan di lingkungan sekolah. Selain itu, kegiatan ini sekaligus ajang kreasi lomba bagi guru-guru Madrasah Ibtidaiyah dalam menghias Bakul Maulid.

Hal ini nampak dengan beraneka ragam bentuk tempat bakul seperti yang diperlihatkan oleh MIN Marayoka  dan MIS Lambu Peo dengan membuat perahu yang di dalamnya berisi bakul Maulid dan dihiasi dengan telur serta berbagai snack, serta ada MIN Pinjongga dan MIN Salekoa membentuk model  seperti bentuk Masjid. Dan MIS Lambu Peo menjadi juara pada tahun ini, juara II MIN Marayoka dan juara III adalah MIN Pinjoga. Dan insya Allah tahun depan MIS Lambu Peo akan menjadi tuan rumah pelaksanaan maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Mahyuddin Latuconsina berharap di saat ini guru hendaknya melakuakan pembinaan di tengah masyarakat di luar fungsinya sebagai tenaga pendidik di Sekolah. Sementara itu Bupati Jeneponto agar citra Rasul sebagai panutan akan menjadi motivasi dan perilaku guru dalam membangun Kabupaten Jeneponto menjadi kabupaten yang bermartabat dan lebih maju lagi. Di akhir acara dilanjutkan dengan pembagian bakul yang telah diperlombakan kepada para undangan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Jeneponto, Mahyuddin Latuconsina sementara memberi penilaian terhadap perahu kreasi dari MIN Marayoka.(*)
Editor: Muh. Irham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1627 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas