Pemecahan Rekor

Kue Baroncong Makassar Masuk Rekor Muri

Sebanyak 29.500 kue buroncong (baroncong) berhasil dibuat oleh 58 pedagang baroncong secara bersamaan di Lapangan Karebosi.

Kue Baroncong Makassar Masuk Rekor Muri
IST
Baroncong
Laporan: Mansur AM

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Sebanyak 29.500 kue buroncong (baroncong) berhasil dibuat oleh 58 pedagang baroncong secara bersamaan di Lapangan Karebosi, Makassar, Minggu (27/2/2011) pagi.

Pembuatan kue baroncong ini berhasil masuk dalam Rekor Museum Rekor Indonesia ( MURI ) sebagai penyajian kue baroncong terbanyak di Indonesia.

Kue ini terbuat dari adonan terigus, santan, dan parutan kelapa. Adonna lalu dipanggang menggunakan cetakan berbentuk setengah lingkaran menggunakan kayu bakar. Ini adalah kue khas dan tradisional di Sulsel.

"Kami sengaja datang ke Makassar untuk melihat dan pencatat kegiatan spektakuler penyajian kue baroncong terbanyak yang dibuat oleh 58 pedagang baroncong yang berasal dari 14 kecamatan di kota ini," ujar Manajer MURI, Sri Widayati di sela-sela Festival Baroncong yang diselenggarakan oleh Tim penggerak PKK Kota Makassar bekerja sama dengan Bank BCA Makassar, di Lapangan Karebosi.

Menurut Sri, dalam kategori penilaian MURI, ada empat yang menjadi indikator, yakni Yang Paling atau Ter, Pertama, Unik dan Langka. "Untuk penyajian kue baroncong terbanyak yang berlangsung hari ini di Makassar, masuk kategori Paling atau Ter, dan berhasil tercatat dalam Buku MURI dengan Nomor 4765/R/.MURI/II/2011 " ujarnya.

Terkait dengan prestasi Kota Makassar yang sudah beberapa kali menjadi kota tempat pelaksanaan kegiatan yang bersifat spektakuler di mata MURI, Sri memberi apresiasi yang mendalam.

"Tentunya kami salut dengan kota Makassar atas prestasi ini, dan yang paling menarik adalah kentalnya kebersamaan dan persaudaraan yang diperlihatkan oleh warga Makassar dalam mempertahankan ciri khas lokalnya yakni dengan tetap melestarikan kue Baroncong sebagai salah satu kue tradisional yang ada di daerah ini " ujarnya.(*)

Penulis: Mansur AM
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved